Disperdagin Kabupaten Cirebon Raih Penghargaan IHYA 2021, Apresiasi atas Upaya Mempertahankan Industri Halal

Disperdagin Kabupaten Cirebon Raih Penghargaan IHYA 2021, Apresiasi atas Upaya Mempertahankan Industri Halal

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon berhasil meraih penghargaan top 3 best halal program support yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) dan Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021.

===================

KEPALA Disperdagin Kabupaten Cirebon Drs H Dadang Suhendra MSi mengatakan IHYA 2021 merupakan ajang penghargaan yang diinisiasi Kemenperin untuk menjaring pelaku industri halal dan mengukur kekuatan industri halal di dalam negeri.

“IHYA 2021 juga merupakan bentuk apresiasi kepada para pihak industri baik kecil maupun besar yang telah berjuang mempertahankan industri halal bahkan mampu mengembangkannya lebih optimal ke kancah global,” tutur Dadang, kemarin.

Dalam hal ini, Disperdagin Kabupaten Cirebon terus men-support para pelaku IKM/UMKM agar memiliki sertifikasi halal. Sertifikasi halal akan memperlancar pemasaran khususnya bagi pelaku IKM/UMKM. Sebab sertifikasi halal adalah sebuah jaminan dari otoritas yang berwenang menguji halal tidaknya sebuah produk makanan, minuman, dan produk terkait.

BACA JUGA:

·  Dibuka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23, Ini Caranya

·  Prabu Siliwangi dan Macan Putih, Ini Wangsit yang Jadi Asal-usul Maung Bodas

Lebih jauh dijelaskan Dadang Suhendra, sertifikat halal sendiri merupakan fatwa tertulis dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syariat Islam.

Sertifikat halal yang dikeluarkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal ( BPJPH) kementrian agama RI merupakan syarat untuk mendapatkan izin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang.

“Sertifikat halal merupakan senjata bagi pelaku IKM/UMKM untuk lebih memiliki daya saing kompetitif dipasaran,” ungkap Dadang.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Hati-hati! Puncak Omicron Diprediksi Awal Maret 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: